Senin, 20 Desember 2010

 

Nama  : SANAJI
NIM    : 282010028


PENGERTIAN KURIKULUM PKn di SD

Setelah membaca dan mendalami dari berbagai paparan yang termuat dalam bahan kajian dari beberapa pendapat para pakar dan undang-undang yang mengatur tentang Kurikulum, dapat kami simpulkan sebagai berikut.:
Kurikulum adalah seperangkat perencanaan jangka panjang di bidang penyelenggaraan  Pendidikan yang memuat tentang  tujuan, isi , bahan pelajaran, cara/ metode serta waktu yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan jenjangnya.
            Maka diharapkan Kuirikulum PKn di SD mampu membentuk warga negara yang memehami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara  Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.


HUBUNGAN TIGA DIMENSI CIVICS KNOWLEDGE
CIVICS SKILLS DAN CIVICS VIRTUES

1.      HUBUNGAN CIVICS KNOWLEDGE DENGAN CIRVICS SKILLS
Dasarseorang menjadi warga negara harus mengetahui perannya sebagai warga negra yaitu dengan belajar dan memahami pengetahuaan kewarganegaraan(cirvics knowledge) sehingga dapat mengerti arti hidup didalam tatnan demokrasi. Namun dalam ini seorang agar dapat merasa hidup nyaman maka harus berbekal ketrampilan kewarganegaraan (Civics Skills).misalnya saat seorang mengadapi ketegang – tegangan abadi yang memunculkan isu publik dan dapat melaksanakan keputusan kebijakan tentang isu-isu publik tersebut. Jadi dengan demikian mereka akan mempunyai kecakapan hidup sebagai warga negara.

2.      HUB CIVIC KNOWLEDGE DENGAN CIVIES VIRTUES
Seseorang siswa merasa percaya diri dalam menghadapi test maupun ujian apabila siswa tersebut sudah mempelajari dan memahami materi yang kan diujikan. Begitu juga demikian untuk seorang warga negara akan merasa percaya diri menerapkan kabajika-kebajikan kewarganegaraan (Cirvics Knowledges). Jadi dua dimensi ini sangat berkaiatan erat untuk menumbuh kan rasa percaya diri seseorang dalam mengambil tindakan sebagai warga negara yang hidup bermasyarakat dalam tatnan negara demokrasi.

3.      HUB CIVIES SKILLS DENGAN CHIVIES VIRTUES.
Seorang anak menolong temannya yang tenggelam, anak tersebut merasa mampu mengambil tindakan kebajikan dan ketrampilan
dalam hal ini menggabarkan bahwa seorang akan selalu komitmen mengambil tindakan kebajikan kewraganegaraan (Civies Skills) yang dimilikinya. Dalam kehidupan masyarakat manusia selalu komitmen untuk memajukan kesejahteraan diri sendiri maupun bersama
dari dua dimemsi inilah yang akhirnya akan membentuk warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dalam kehidupan masyarakat negara dan bangsa

Kesimpulan uraian diatas: bahwa warga negara indonesia yang baik harus memiliki kecakapan, percaya diri dan komitmen yang tinggi yang terbentuk dari tiga dimensi civies knowledge, civies skills dan civies virtues.
Demikian uraian dan penjelasan dari saya dan mohon bimbingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar